Beasiswa Germanistische Sommeruni Südostasien



Beasiswa Germanistische Sommeruni Südostasien

Moin para pembaca yang budiman, kali ini aku pengin membagikan pengalamanku mengikuti suatu acara kejermanan. Seid ihr neugirig? Berikut informasinya, semoga bermanfaat.

Program Germanistische Sommeruni Südostasien adalah sebuah acara dari DAAD yang diadakan setiap dua tahun sekali. Tema tiap tahun itu berbeda-beda dan kita akan dapat memilih workshop apa yang ingin diikuti. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa S1 maupun S2 di seluruh kawasan Asia Tenggara. Manfaat dari program ini menurutku banyak banget sih, yaitu udah pasti membuat kamu lebih percaya diri untuk berbahasa Jerman kemudian bisa tambah relasi/ pertemanan dan yang paling penting adalah melihat gambaran orang-orang di Asia Tenggara, bagaimana mereka bisa belajar bahasa Jerman dan kamu akan dapat banyak fakta tentang kejermanan yang mana menurutku pribadi itu seru abis. Kegiatanku kemarin tanggal 30 Juni-8 Juli 2019 banyak banget. Aku memilih workshop pertama Landeskunde und Film yang diisi oleh Bapak Christian Rabl, dan workshop yang kedua itu Stimme, Klang, und Welt oleh Fritz Faust. Kegiatan selain workshop, kamu akan bisa jalan-jalan (Exkursion) dan pada malam terakhir ada Kultureller Abend.

Dokumentasi Pribadi

Workshop Landeskunde und Film
Dokumentasi Pribadi

Analisis Film Indonesia
Dokumentasi Pribadi

Kultureller Abend
Dokumentasi Pribadi

Exkursion keliling kota Bandung

Selanjutnya, aku akan kasih tahu berkas apa aja yang kamu harus kumpulkan buat daftar program ini. Aku sendiri dapet info tentang program ini dari temanku asal Universitas Negeri Medan dan kemudian aku email Lektorin DAAD-ku di Jogja alhasil aku dapet informasinya. Jangan lupa untuk aktif bertanya pada kakak-kakak tingkat atau alumni yaaa.

Berkas-berkasnya seperti program beasiswa lainnya, yaitu Lebenslauf (CV), Motivationsschreiben (Surat Motivasi), Sertifikat Bahasa Jerman (minimal B1) dan ada formulir juga yang harus diisi. Saranku adalah coba kamu usahakan untuk minta tolong dengan temanmu untuk membaca ulang semua aplikasi yang akan kamu kirim. Cukup sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Hallo teman-teman BDS, terima kasih telah menerbitkan tulisan saya :) semoga bermanfaat yaa. Sukses terus untuk kalian.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.