Schloss Sanssouci in Potsdam

Schloss Sanssouci in Potsdam


Apakah kalian tahu tentang "Istana Sanssouci"? Istana Sanssouci (Schloss Sanssouci) berasal dari kata "Sans souci" yang secara harfiah berarti "tanpa kekhawatiran" dalam bahasa Prancis. Ternyata ada sosok tokoh yang berkontribusi membangun istana ini loh! Simak bersama yuk!


Istana Sanssouci dibangun oleh Raja Frederick II pada tahun 1745-1747 dengan meniru Istana Versailles di Prancis, dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jerman. Ternyata, Istana ini adalah kediaman musim panas Raja Frederick II. Istana ini berisi 12 kamar yang didekorasi dengan gaya rococo abad ke-18 yang intim. Ciri khas istana ini terdapat pada keharmonisan antara seni dan alam.

Bagian dalam istana dihiasi dengan patung-patung marmer, lukisan, dan cakrawala berbingkai emas dengan lampu gantung yang berkilauan. Raja Frederick II secara pribadi terlibat dalam desain dan dekorasi.


Di usia tuanya, Raja Frederick dijuluki "Fritz Tua" dan didiagnosis menderita asam urat. Karena penyakitnya, ia mengalami kesulitan untuk bergerak sehingga menghabiskan banyak waktu di ruang kerjanya di Istana Sanssouci. Dia meninggal pada 17 Agustus 1786 pada usia 74 tahun.

Atas permintaan Raja Frederick II, ia dimakamkan di ruang bawah tanah di bawah teras kebun anggur di Istana Sanssouci yang dicintainya. Hal ini baru dilakukan pada peringatan 205 tahun kematiannya, 17 Agustus 1991, dengan upacara penguburan kembali.



Quelle:

https://www.dw.com/id/istana-sanssouci-di-potsdam/g-40117696

https://www.schloss-sanssouci.info/en/








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.