ELANG HITAM SEBAGAI LAMBANG NEGARA JERMAN

Setiap Negara memiliki lambang. Jika Indonesia memiliki garuda Pancasila, Jerman memiliki elang hitam. Lambang dari suatu Negara tentu memiliki arti dan sejarahnya masing-masing. Sama halnya dengan lambang elang hitam, setiap bentuk, warna dan bagian memiliki makna tertentu yang terkandung di dalamnya.

Apa saja yang ada dalam lambang Negara Jerman dan bagaimana filosofi dan maknanya?



Lambang negara Jerman adalah burung Elang berwarna hitam dengan paruh dan cakarnya berwarna merah serta warna latar berwarna kuning. Yuk simak makna dari masing-masing bagian ini!

1.        Elang Hitam

Elang mencerminkan kekuatan tertinggi dari spesies burung di bumi. Maksud dari lambang elang ini adalah berupa harapan agar Jerman menjadi Negara no 1 terkuat di bumi. Kemudian warna hitam pada elang ini diambil dari salah satu warna bendera Jerman yang terdiri dari warna hitam, merah dan kuning. 

2.        Paruh dan cakar

Seekor elang tentu saja memiliki paruh dan cakar. Kekuatan dari seekor elang terletak pada paruh dan cakarnya. Paruh dan cakar ini memiliki warna merah yang juga diambil dari warna bendera Jerman. Dalam simbolisme, merah dianggap sebagai warna darah dan melambangkan keberanian serta kekuatan.

3.        Background

Background dari lambang elang ini adalah berwarna kuning keemasan yang juga diambil dari warna bendera Jerman. Seperti pada gambar yang sudah ditampilan diatas, background dari lambang ini berbentuk perisai. Perisai melambangkan kekuatan dan perlindungan. Bentuk perisai ini juga dimaksudkan sebagai perlindungan untuk melindungi seluruh penduduk Jerman.

Lalu bagaimana dengan sejarahnya?

Elang sejak zaman Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Byzantium merupakan hewan paling dihormati dan melambangkan sifat yang tak terkalahkan. Karena itulah dimulai pada sekitar tahun 1200, lambang emas dengan background berwarna kuning digunakan sebagai lambang resmi kekaisaran Jerman. Simbol resmi elang hitam Jerman kemudian banyak ditemui pada simbol dan bendera institusi federal Jerman.

Sejarah elang hitam ini juga tidak lepas dari NAZI. Pada saat itu, partai NAZI ikut mengadopsi simbol ini dan diubah sedemikian rupa sebagai lambang mereka. 


Simbol yang dipakai institusi Federal




Simbol yang diadopsi partai NAZI


Simbol adopsi partai NAZI ini berupa elang yang berdiri di simbol swastika dalam rangkaian daun ek. Kemudian kepala menghadap ke bahu kirinya. Arah kepala dari elang menjadi penanda terbesar dari simbol NAZI dengan simbol institusi federal Jerman. Kepala elang menghadap ke bahu kiri menyimbolkan partai NAZI, dan disebut dengan nama Parteiadler. Sebaliknya, kepala elang menghadap ke bahu kanan menyimbolkan Negara (Reich), dan dinamakan sebagai Reichsadler. Segera setelah kekuasaan NAZI, Jerman mengganti simbol nya menjadi seperti sekarang. Simbol elang hitam resmi digunakan Jerman pada tanggal 23 Mei 1949 (masa akhir Republik Weimar) dengan peromabakan lambang baru pada 3 Oktober 1990.


Quelle :

https://teknorus.com/lambang-negara-jerman/#:~:text=Berikut%20penjelasannya-,1.,dari%20hitam%20merah%20dan%20kuning.

https://p2k.unkris.ac.id/id3/2-3065-2962/Lambang-From-1848_105419_p2k-unkris.html

 







 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.