Produktif di Masa Pandemi Ala BDS

    


Produktif di Masa Pandemi Ala BDS

    Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan teknologi informasi digital yang menjadi tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin yang menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Teknologi informasi kini menjadi saluran utama yang mendominasi kehidupan manusia dalam membangun eksistensinya dalam segala ruang, termasuk dalam pembelajaran bahasa.

    Perkembangan zaman yang berlangsung menuntut generasi muda, sebagai penerus pemimpin bangsa. Dalam proses menuju kesana tentunya harus dibekali dengan mental, pengetahuan, dan etika yang baik. Selain itu juga harus dibelaki dengan kemampuan bahasa yang aktif.

    Bahasa merupakan kemampuan mendasar yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Dalam berkomunikasi dibutuhkan media komunikasi dibutuhkan media komunikasi yang telah disepakati bersama untuk memahami tutur kata seseorang guna terciptanya sebuah komunikasi antar individu. Berkomunikasi juga membutuhkan alat yang telah disepakati bersama yaitu bahasa. Di dunia diperkirakan terdapat beragam bahasa atara 6.000-7.000 bahasa.

    Melihat semakin meningkatnya pembelajar bahasa Jerman dan daya tarik dalam dunia Video maker, untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang tengah berlangsung. Maka dari itu, dalam rangka ikut andil dalam meningkatkan daya tarik dan produktivitas generasi muda, Bund der Deutsch-Studenten (HIMA Pendidikan bahasa Jerman UNY) mengadakan Deutsches Fest dengan tema “Die Schaffung eines zukünftigen großen indonesischen Anführers mit der richtigen Einstellung und Liebe zur indonesischen Kultur, um ein goldenes Zeitalter Indonesiens einzuläuten.  Di mana terdapat beberapa tangkai kegiatan untuk menunjang potensi diri generasi muda. Diharapkan dengan adanya serangkaian kegiatan kompetisi ini, generasi muda mampu mampu berperan serta untuk menuangkan kreativitas dan berinovasi di masa pandemi secara daring dalam upaya menumbuhkan semangat bersama dan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia emas.

    Penutupan acara DeutschesFest kali ini terasa berbeda. Karena dalam masa pandemi COVID-19, penutupan di adakan secara online di laman YouTube BDS FBS UNY. Meskipun demikian, acara berlangsung sangat seru dan juga menarik karena di meriahkan oleh Sasmita Musik, Hypercoustique, Käze dan juga Olski sebagai guest star.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.