Sikrab Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Jerman 2019



Siang keakraban  atau sikrab mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Jerman 2019 dilaksanakan pada Sabtu 21 September 2019(21/9) di Tunas Mekar, Umbulharjo, Sleman, Yogykarta.
Sikrab merupakan agenda wajib dari serangkaian dari OFNES (Orientierung für die Neuen Studenten). Tujuan dari dilaksanakannya sikrab yaitu agar mahasiswa baru pendidikan bahasa jerman 2019 dapat mengakrabkan diri dan srawung baik dengan teman-teman seangkatannya maupun dengan kakak tingkat.
Perjalanan dari FBS menuju lokasi ditempuh dengan bus selama kurang lebih 90 menit. Sebelumnya Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Ibu Lia Malia memberikan pembekalan kepada anggota sikrab di depan gedung kulaih IV FBS UNY. Dalam sambutannya beliau berpesan untuk menjaga sopan santun serta menjalankan kegiatan dengan baik dan tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Sikrab ini dihadiri oleh Frau Yati, Frau Tanjung, dan dua tamu dari Jerman yang mendampingi.
Pembukaan acara diawali penyampian pesan dan kesan oleh sie pemandu kepada para mahasiswa baru. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua sikrab Maestro, dilanjutkan dengan ketua BDS Naufal, dan kemudian sambutan oleh Frau Yati yang datang untuk menghadiri acara sikrab. Frau Yati berpesan agar acara sikrab ini menjadikan moment untuk mengakrabkan teman satu dan yang lain, juga menumbuhkan rasa solidaritas. Tidak lupa beliau juga berpesan agar terus semangat dalam belajar, walaupun belum mendapatkan Bahasa Jerman sebelumnya. Karena di kampus kita belajar dari nol dan kita sejajar dengan teman-teman yang lain. Kuncinya adalah belajar dan bekerja keras.
     Sikrab turut dimeriahkan oleh komunitas yang ada Pendidikan Bahasa Jerman yaitu, Schmetterling(komuitas tari dan dance), GFV (Gänsedauen Federball Verein/komunitas Badminton), Fuβball(komunitas sepak bola), Käse (komunitas musik), Regenbogen (komunitas Teater), dan BDS Gaming. Kemudian dilanjutkan acara pentas seni setiap anggota gugus sikrab. Setiap gugus akan menampilkan pertunjukan sesuai dengan tema yang mereka peroleh sebelumnya.
Dalam pentas seni maba diambil masing-masing dua pemenang untuk penampilan terbaik, juara satu diraih oleh gugus Oktoberfest yang menampilkan pertunjukan teater dan juara dua diraih oleh gugus Fasching yang menampilkan puisi. Gugus terheboh diraih oleh gugus Sommerfest, gugus terniat diraih oleh gugus Rotkäppchen dan gugus terkompak diraih oleh gugus Fingerhäkeln. Acara ditutup dengan menyanyikan jingle BDS. (FS&AI)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.