Kongres IMBSJI


Kongres IMBSJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia) merupakan program tahunan IMBSJI yang tahun ini diselenggarakan pada tanggal 4-7 Agustus 2019 di Universitas Padjajaran, Jatinangor. Kongres yang ke XIII ini bertemakan Lass uns das Licht für unseren Traumsehen“ dan diikuti oleh 34 peserta dari 9 Universitas yang memiliki jurusan bahasa Jerman. Perwakilan dari UNY sendiri dan khususnya Pendidikan Bahasa Jerman adalah Rafi, Yovaninda, Herman, dan Anggi.
Agenda pada hari pertama yaitu pengenalan IMBSJI dan Forum Group Discussion. Agenda ini sedikit terhambat karena adanya pemadaman listrik se-Jabodetabek oleh pemerintah. Walaupun begitu, para peserta maupun panitia tetap semangat melaksanakan agenda tersebut sampai selesai.

Pada hari kedua diadakan seminar dan lomba-lomba. Agenda hari kedua dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan. Sambutan disampaikan oleh manajer akademik Universitas Padjajaran, ketua pelaksana Kongres IMBSJI XIII dan tak lupa peresmian Kongres IMBSJI ke XIII. Acara dilanjutkan dengan seminar. Seminar pertama tentang “Pembelajaran Bahasa Jerman dengan Media Digital dalam Perspektif Didaktik” disampaikan oleh Pak Dadan Hamdani dan kedua “Bahasa Jerman di Era Digital” oleh Dr.Phil. Dian Ekawati, M.A. Berbeda dari sebelumnya, seminar ketiga ini diisi oleh peserta lomba karya ilmiah. Dimana sebelumnya, para peserta kongres diwajibkan untuk mengirimkan abstrak dalam 3 bahasa yang selanjutnya akan diseleksi untuk bisa membuat paper dan dipresentasikan dalam seminar. 
Pada urutan pertama disampaikan oleh delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta yang menyampaikan Aplikasi Gule Grogol (Guiding, Learning German Trough Folklore) sebagai Pembelajaran Jerman Melalui Cerita Rakyat. Urutan kedua yaitu delegasi dari Univesitas Negeri Malang yang menganalisis Level Bahasa Jerman dalam Konten Video „Summer Program“ di Kanal Youtube Learn German with Jenny, Bahasa Jerman dan Teknologi untuk Bidang Pendidikan. Yang terakhir yaitu Alternatif Belajar Bahasa Jerman melalui Channel Youtube “Learn German with Film”. Alhamdulillah, pada tahun ini, delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta dipercaya sebagai juara karya tulis ilmiah terbaik. Tak hanya itu, diadakan pula lomba Dramatic Reading yang dimenangkan oleh salah satu delegasi dari Universitas Negeri Surabaya.  Agenda hari kedua diakhiri dengan penampilan monolog oleh Kang Wawan.

Agenda hari ketiga adalah sidang pembahasan AD/ART IMBSJI, laporan pertanggungjawaban pengurus IMBSJI periode sebelumnya dan pembentukan pengurus baru serta program kerja IMBSJI periode 2019-2020. Dimana IMBSJI periode 2019-2020 ini diketuai oleh Shelvi Kusumadewi dari Universitas Negeri Surabaya. Hari terakhir adalah hari yang paling ditunggu-tunggu, dimana pada hari ini seluruh delegasi dan demisioner berwisata ke Kampung Adat Cirendeu dan Museum Asia Afrika.

Seru banget kann? So, jangan lupa ikut IMBSJI tahun depan yaa!! Terutama kalian para maba unyu unyu. LOV! (Yov&Median)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.