Technical Meeting Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Jerman 2019

            

             Panitia OFNES (Orientierung für die neuen Studenten) mengadakan Technical Meeting untuk mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Jerman 2019 pada Selasa (13/8/2019).  Acara tersebut bertempat di Gedung Kuliah WS Rendra Fakultas Bahasa dan Seni, UNY.  Technical Meeting berlangsung dari pukul 08.00 sampai 14.00. Acara berlangsung dengan lancar, di mulai dari pengkondisian mahasiswa baru, pembukaan, sambutan ketua PKKMB, pembacaan peraturan, perkenalan panitia PKKMB, perkenalan mahasiswa baru, undian penugasan, games, pembuatan yel-yel, dan simulasi sanksi.
          Pengkondisian maba  bertempat di depan Gedung Lab Musik dan Tari, maba lalu diarahkan menuju Gedung Kuliah WS Rendra untuk mengikuti TM.  Pembukaan di buka dengan jargon “keine Study, keine Party. Geht los!”   Acara selanjutnya yaitu sambutan oleh Maestro Ricky Ikhsanta selaku panitia OFNES 2019.
Dalam sambutan singkatnya Maestro menyampaikan bahwa dengan hadirnya mahasiswa baru 2019 dapat membawa  jurusan Pendidikan Bahasa Jerman lebih baik dalam mencapai kesuksesan. Serta Maestro juga menyampaikan jargonnya “ Maestro!!! Loss!!” yang diikuti oleh mahasiswa baru beserta panitia.
Selanjutnya MC membacakan peraturan yang tidak boleh dilanggar baik oleh panitia maupun mahasiswa baru. Sanksi yang dikenakan apabila melanggar peraturan berupa meminum jamu brotowali. Acara berikutnya yaitu perkenalan panitia yang dilanjutkan dengan perkenalan maba. Perkenalan maba dilaksanakan pergugus yang terdiri dari delapan gugus dengan tema festival di Jerman, yaitu ada Wattolümpiade, Fasching, Fingerhakeln, Neujahr, Oktoberfest, Rotkäppchen, Sommerfest, dan Erntedankfest.
       Untuk penugasan yaitu ada drama, puisi, musikalisasi, dan tari. Tiap gugus memperoleh penugasaan berdasar pengambilan undian yang diwakili oleh anggota gugus tersebut dan kemudian akan ditampilkan pada saat sikrab. Acara selanjutnya yaitu games, yang berupa perkenalan ruangan kelas. Setiap gugus akan dipandu untuk melaksanakan permainan perkenalan ruang kelas. Ada peta yang akan menjadi petunjuk gugus ruang mana saja yang akan dilewati dan digunakan sebagai tempat penugasaan untuk mencari sticker bendera Jerman.
Kegiatan TM diakhiri dengan penampilan yel-yel dari beberapa gugus. Dimana yel-yel tersebut telah dibuat sebelumnya bersama-sama dengan pemandu. Kemudian dilaksanakan juga simulasi sanksi untuk peserta maupun panitia berupa minum jamu brotowali.
Dengan adanya kegiatan Technical Meeting, panitia berharap mahasiswa baru dapat semakin akrab baik dengan teman sesama mahasiswa baru maupun dengan panitia. Serta dengan kegiatan TM ini mahasiswa baru dibekali dengan pengenalan lingkungan baru serta peraturan yang berlaku di fakultas dan jurusan. (FS&AI) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.