Zusammen Fastenbrechen


Dalam rangka menyemarakkan bulan ramadhan 1440 H, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman ( Bund Der Deutsch-Studenten ) menyelenggarakan Buka Bersama dengan tema “Ramadhan Berkah, Berbagi Indah” pada Senin (20/5). Bertempat di Pendopo Tedjakusuma, acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman mulai dari angkatan 2015-2018 serta perwakilan dari Yayasan Panti Asuhan Sayap Ibu cabang Yogyakarta. Kegiatan ini juga bertujuan untuk merekatkan tali silaturahmi antar masyarakat Pendidikan Bahasa Jerman Dalam kegiatan buka bersama ini, tiap peserta diwajibkan membayar sebesar Rp 10.000,- dimana 15% dari pembayaran tersebut disumbangkan ke Yayasan Panti Asuhan Sayap Ibu. 



Acara dibuka dengan lantunan Tilawah, selanjutnya sambutan dari Nufal Ariq selaku Präsident BDS (Bund Der Deutsch-Studenten) dan sambutan dari Nida Aziza Karima selaku ketua panitia. Kemudian acara dilanjutkan dengan kajian dari Bapak Aditya Rikfanto, M.A. yang merupakan salah satu dosen di jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Kesimpulan dari materi yang beliau sampaikan adalah ada empat golongan orang dalam menjalani ramadhan:
  1. Orang-orang yang sholeh, dimana orang-orang tersebut menjalani ramdhan dengan amalan kebaikan, seperti membaca al-qur’an, mengikuti kajian dan hal-hal baik lainnya.
  2. Orang-orang yang hanya rajin saat awalannya saja. Mereka giat dalam menjalani ibadah selama ramadhan pertama hingga pertengahan ramadhan. Namun akhir ramadhan sudah mulai lalai dan meninggalkan amalan-amalan ramadhan seperti sebelumnya. 
  3. Orang-orang yang lalai, dimana  lima belas hari pertama acuh tak acuh terhadap bulan ramadhan dan tidak menjalankan amalan kebaikan. Namun ia mendapat sebuah hidayah untuk mengerjakan amalan-amalan kebaikan pada lima belas hari setelahnya hingga menjelang lebaran. 
  4. Orang yang tidak mau menerima adanya bulan ramadhan. Orang yang seperti ini sama sekali tidak melakukan amalan-amalan kebaikan dan cenderung acuh tak acuh terhadap bulan ramdhan.


Selanjutnya acara puncak adalah buka bersama, setelah itu dilajutkan dengan sholat maghrib berjamaah yang dipimpin oleh Bapak Aditya Rikfanto, M.A. Pada penghujung acara ada sambutan dari Bapak Irwan Fauz selaku salah satu perwakilan dari Yayasan Panti Asuhan Sayap Ibu, kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sedekah dan ditutup dengan foto bersama. (FS&AI)

Dokumentasi :





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.