Upgrading I Pengurus BDS 2019



Pada tanggal 9-10 Maret 2019, pengurus baru BDS kabinet Einheit  melakukan Upgrading I. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Bening, Merdikorejo, Tempel ,Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini adalah salah satu program kerja dari Ministerium für Regeneration. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapaita pengurus dan memberi pemahaman tetntang manajemen organisasi dan akademik . Tujuan  lainnya adalah untuk memperkokoh pengurus BDS 2019.

Pada Sabtu 9 Maret , kami berangkat menuju lokasi diadakannya kegiatan Upgrading I. Agenda yang pertama adalah pemberian materi-materi yang disampaikan oleh pengurus BDS sebelumnya. Materi yang pertama yaitu mengenai organisasi  BDS atau “Bund Der Deutsch-Studenten” oleh Bryliano Mahatama Putra.  Adapun kesimpulan yang disampaikan adalah bagaimana niat kita saat kita masuk organisasi, kunci dalam melakukan segala hal adalah ikhlas, dan yang dibutuhkan oleh BDS adalah kesadaran setiap anggota.
 


Selanjutnya materi kedua yaitu mengenai manajemen akademik yang disampaikan oleh kakak Mey dan kakak Ria. Adapun kesimpulan yang disampaikan adalah sebagai mahasiswa harus keras pada diri sendiri untuk meraih tujuannya. Kita seharusnya  tidak  focus pada orang lain namun ,fokuslah memperbaiki diri sendiri dan jangan bandingkan diri dengan orang lain. Kita jangan setengah-setengah dalam melakukan sesuaatu.



Materi terakhir yaitu tentang manajemen organisasi yang disampaikan oleh Mas  Bram.  Materi yang dapat kita peroleh yaitu yang utama ialah kita harus berani melakukan perubahan  dalam mengambil kebijakan di organisasi. Pada saat kita memiliki masalah antar anggota seharusnya kita menyelesaikannya secara pribadi dan jangan membawa masalah tersebut ke dalam organisasi. Musuh BDS adalah mahasiswanya sendiri dan kita harus bersatu dengan merangkul anggota BDS maupun pengurus BDS karena kita memiliki tujuan yang sama .



Pada malam hari dilaksanakan rapat kerja dari masing-masing ministerium. BDS memiliki susunan organisasi yang terdiri dari pengurus inti dan lima ministerium. Ministerium tersebut terdiri dari Ministerium  für Regeneration,  Ministerium  für  Soziales, Publikation und Netzwerk , Ministerium  für Akademik und Wissenschaft, Ministerium  für Forderung und Kreativität , Ministerium  Unterstüzung der Finanzen.


Pada hari kedua kami melakukan outbond berupa susur sungai di Kali Krasak. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah keakraban , kekompakan, kerja sama, serta menumbuhkan rasa kekeluargaan penggurus BDS. kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.