Serba-Serbi Studienreise (2018)


Pada tulisan ini mimin akan memberikan beberapa jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Studienreise. Simak baik-baik ya

1.      Ada berapa kuota mahasiswa untuk Studienreise, dan kapan mulainya?
Jawaban : Kuota Studienreise dari tahun ke tahun berjumlah maksimal 15 mahasiswa dan itu tidak ada batas minimal atau maksimal dari jumlah laki-laki dan perempuan. Kalau dulu, Studienreise itu diadakan sekali dalam setahun namun untuk tahun 2017 mulai ada peraturan baru yang menyatakan program ini dilaksanakan sekali dalam dua tahun.

2.      Persyaratan untuk ikut apa ya?
Jawaban : Persyaratannya itu harus sudah lulus ZiDS, aktif berbicara bahasa Jerman dan IPK memenuhi standar yakni 3,2 untuk tahun 2018 ini.

3.      Berapa beasiswa yang diterima oleh mahasiswa dari DAAD?
Jawaban : Kalau untuk tahun 2018 ini, beasiswa yang akan diterima oleh mahasiswa ialah per harinya 50 Euro dan tiket pesawat senilai 700 Euro. Biaya per hari itu sudah termasuk makan, transportasi dan penginapan. Beasiswa ini sifatnya re-imburse alias akan digantikan ketika kalian sudah tiba di Jerman jadi otomatis semua biaya harus kalian tanggung dulu selama kalian masih di Indonesia.

4.      Lalu, berapa uang yang harus kami bayarkan?
Jawaban : Dari awal perjanjian, kalian harus mempunyai dan menandatangani kalau kalian harus membayar 15juta Rupiah.

5.      Kegiatan di Jerman ngapain aja dan apakah tiap tahun ada temanya? Kemudian siapa dosen yang akan menemani?
Jawaban : Program ini diadakan selama dua minggu, dan kegiatan yang akan kalian lakukan sudah pasti belajar di Universitas Jerman (tergantung dari kebijakan tiap tahun). Selain belajar dan merasakan atmosfer jadi mahasiswa di Jerman, kalian juga harus presentasi. Tiap tahun selalu ada tema yang akan kalian bawa kesana, seperti contohnya untuk bulan Juni 2018 ini tema Studienreise ialah Tourismus, maka kakak-kakak delegasi akan presentasi tentang tempat-tempat wisata dan keadaannya di Indonesia. Pada waktu Wochenende kalian akan diajak ekskursi keliling kota, belajar sambil jalan-jalan. Kalau dosen yang menemani itu tiap tahun berbeda. Untuk tahun 2018 ini, Pak Sulis yang akan menemani mahasiswa delegasi.


Semoga jawaban-jawaban tersebut dapat bermanfaat untuk kalian yang kepo abis. Kalau mau tau tentang kesan dan pesan mengikuti program ini, kalian bisa tanya kepada alumni Studienreise yaaa J
P.s jawaban ini didapatkan dari seorang mahasiswi yang akan mengikuti Studienreise tahun 2018.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.