Konsep AuPair yang Salah Kaprah (Interview dengan Mas Delta)


Hallo Liebe Leute! Malam ini mimin akan berbagi dengan kalian tentang hasil wawancara dengan Mas Delta. Beliau adalah alumni PBJ tahun 2010. Beliau dikenal sebagai orang yang ceria sekali yah, dan biasanya suka nyanyi-nyanyi sendirii hehee (peace, Mas).
Langsung saja ini hasil interviewnya

1. Saat ini menetap dimana, Mas? Memiliki kegiatan apa saja?
       Mas Delta : Aku menetap di Plagwitz, Leipzig. Kegiatan AuPair beda-beda. Aku sendiri cuma jemput anak aja. Soalnya keluarganya enak, pagi udah dianter bapaknya. Tapi kadang malem-malem aku bacain cerita, cuma ga selalu setiap hari karena ayahnya juga udah ngebacain cerita. Jadi aku AuPair handle kegiatan kalo orangtuanya lagi sibuk. Yang jelas gak lebih dari 5 jam, karena ada kontraknya juga.

2. Apakah ini pengalaman pertama kali ke Jerman? Culture shock apa saja yang dialami dan bagaimana cara mengatasinya?
       Mas Delta : Culture shock banyak, aku baru 3 bulan disini. Aku sendiri ga ada cara khusus, tinggal kitanya sendiri mau menyesuaikan atau nggak. Yang kurasakan paling beda itu orang-orangnya, cuaca dan feelingnya. Terus kaya budaya melu-malu kudu (harus) dihilangkan. Orang Jerman fair kok. Iya iya, tidak tidak. Lalu kalau ada rencana pergi harus ngomong jauh-jauh hari sebelum hari-H, atau kamu bisa bilang malemnya, atau bisa juga bilang pas sarapan pagi kalau kamu mau pergi.

3. Bagaimana persiapan Mas Delta sebelum berangkat ke Jerman?
       Mas Delta : Persiapan ya bahasa Jerman, punya sertifikat A1 atau syukur-syukur lebih. ZiDS juga bisa kok, aku dulu pakai sertifikat ZiDS. Oiya lengkapi syarat visa di dubes, itu banyak banget, hal itu bisa dibaca sendiri. Kontraknya memang bekerja, jadi jangan salah kaprah. AuPair itu keluarga, bukan pekerja. Ya cuma bantu sedikit. Wajarlah, karena kalau kita pekerja itu kita harusnya dapat UMR Jerman tetapi AuPair engga, karena kita keluarga mereka. Dijamin makan, tempat tinggal, asuransi, dsb. Jadi, salah kalau AuPair itu pembantu atau pekerja ya.

4. Apa tujuan utama menjadi seorang AuPair?
       Mas Delta : Tujuannya ya cari pengalaman dan melancarkan bahasa sambil lihat peluang di Jerman. Karena kalau ditanya, "mau balik ke Indonesia setelah AuPair?" aku jawab iya. Intinya harus balik ke Indonesia untuk dapat visa, walaupun gak tau detail kapannya. Aku dimanapun berusaha menikmati hidup dan bersyukur. Ga pernah liat atau banding-bandingin diri sendiri dengan orang lain. Jalan masing-masing orang kan beda, mau sukses ya kerja keras, ga bisa bahasa Jerman ya belajar. Gitu.

5. Bagaimana tipsnya menjadi AuPair yang menyenangkan?
       Mas Delta : AuPair yang menyenangkan tergantung kamu, mau terbuka sama mereka (host family) atau engga. Jangan mau dijadikan pembantu. Harus berani bilang engga, jangan takut tidak digaji atau apalah. Kalian punya kontrak, semua itu butuh proses. Intinya speak up, alias berani bilang. Gitu sih, karena orang sini menghargai privasi kamu juga kok. Kamu mau ngapain itu bebas asal tanggung jawab kamu selesai.

Gimana? Sudah lebih terang informasi tentang AuPair sekarang? Oiya mimin ada bocoran sedikit nih dari Mas Delta, kalau beliau akan buat blog tentang Jerman. Siapa yang penasaran??? Mimin juga penasaran :3

2 komentar:

  1. Waaah Delta, idola semua orang hahaha. Terus bikin postingan gini ya min, biar banyak pengalaman yg bisa dibagikan ke adik2 tingkat :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.