Mahasiswa dan Organisasi


Image result for interview machen


Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan hasil interview dengan Mas Agus Setyawan (Praesident BDS 2014 dan Ketua BEM FBS UNY 2015). Interview kali ini bertemakan tentang "Mahasiswa dan Organisasi". Apa sih pentingnya organisasi bagi mahasiswa? Sebegitu pentingnyakah mengikuti sebuah organisasi bagi seorang mahasiswa?

1. Semasa menjadi mahasiswa, Mas Agus pernah mengikuti organisasi apa saja? Dan bertugas sebagai apa?
Mas Agus : "Saya pernah menjadi Minister di Soziales und Netzwerk BDS tahun 2013. Kemudian menjabat sebagai Praesident BDS tahun 2014, lalu terpilih menjadi Ketua BEM FBS tahun 2015."

2. Apa saja yang didapatkan dari sebuah organisasi?
Mas Agus : "Banyak sekali hal yang saya dapatkan dalam mengikuti sebuah organisasi. Diantaranya adalah persahabatan (Freundschaft), manajemen diri untuk bekerja bersama orang lain (zusammen arbeiten), relasi yang luas (Netzwerk), dan sebuah komitmen (Engagement) yang tinggi."

3. Bagaimana Mas Agus me-manage diri untuk tetap unggul dalam bidang akademik dan lulus dengan predikat cumlaude?
Mas Agus : "Pertama adalah kita harus memahami posisi. Sebagai seorang mahasiswa yang tidak ingin biasa-biasa saja, kita dituntut untuk bekerja ekstra dibanding mahasiswa yang lainnya. Dengan tekad yang bulat, kita harus pula selalu ingat orientasi untuk apa kita berada di Yogyakarta. Intinya, jadi lebih dewasa dan paham arti tanggung-jawab. Tidak ada yang berat, asal sudah niat, maka Tuhan akan selalu membuka jalan."

4. Seberapa penting memiliki pengalaman organisasi bagi seorang mahasiswa?
Mas Agus : "Penting sekali. Selain pengalaman organisasi menjadi nilai plus dalam dunia kerja, organisasi juga mengajarkan kita untuk lebih percaya diri, rendah hati alias down to earth, dan gak gampang ngeluh. Disitu mental kita benar-benar diasah."

5. Apa pesan-pesan Mas Agus untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman di FBS UNY kedepannya?
Mas Agus : "Untuk MABA alias mahasiswa baru, jangan pernah membatasi diri kalian. Kalian tidak akan pernah tau batasan diri kalian apabila tidak mendongkrak hal tersebut. Jangan pernah berpikir bahwa kalian tidak bisa. Untuk mahasiswa menengah, harus lebih mawas diri dan lebih memahami arti tanggung-jawab. Dan untuk mahasiswa akhir, semoga cepat selesai skripsinya, dan jangan lupa untuk membuat rencana mau apa setelah wisuda nanti."

Nah itulah hasil interview mimin dengan Mas Agus. Bagaimana? Keren kan? Jadi, udah paham dong arti penting mengikuti sebuah organisasi bagi seorang mahasiswa :D
Mulai sekarang, ayok berbenah menjadi mahasiswa yang luar biasa, bukan yang biasa-biasa saja.

Sampai jumpa di sesi interview yang lainnya, auf Wiedersehen!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.