Alles Gute zum 14 Jährigen Geburtstag BDS



Selayaknya manusia, usia 14 adalah usia dimana seseorang mulai menjajali hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah ia lakukan, mencari pengalaman sebanyak mungkin, entah itu hal benar atau salah, yang terpenting adalah mencoba. Sekalipun gagal, itu adalah bukti bahwa seseorang pernah berusaha, dan gagal adalah batu loncatan.
Berbicara tentang pengalaman perdana, yang rawan ketidaksempurnaan dan butuh evaluasi kedepannya. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman (Bund der Deutsch Studenten) UNY sekedar berbagi program kerja yang telah terealisasi perdana dari periode 2016 yang masih berumur jagung, yaitu: HUT BDS KE 14 yang jatuh pada tanggal 29 Maret. Perayaan HUT BDS dibagi menjadi 2, yaitu internal dan eksternal. Perayaan internal ditepatkan di tanggal ulang tahun BDS yang melibatkan seluruh pengurus BDS beserta DPO untuk syukuran, dan acara eksternal untuk seluruh warga pendidikan bahasa jerman di UNY dengan serangkaian perlombaan yang unik dan diselenggarakan setelah perayaaan internal. Malam ini ( 29 Maret 2016),  segenap keluarga pengurus BDS mengadakan syukuran bertempat di aula depan Laboratorium Karawitan, FBS. Acara dibuka pukul 19.00  diiringi hujan rintik-rintik yang sebelumnya sudah mengguyur deras  wilayah sekitar dari siang. Niscaya, petunjuk teknis kurang berjalan optimal, namun begitu masih bisa berjalan dengan lancar. Dimulai dengan kalam illahi dan Sambutan dari Ketua Panitia Sendi Satrio W dan Prӓsiden BDS 2016. Dilanjutkan sarasehan bersama kakak-kakak DPO yang hadir (Agus Setiawan, Giovani, Atria Avan, Muh Datiya, Tiara Evanda, Bramantyo Widyawan, Dyah Ayurimadani, Putri Wahyu Hidayati, Andri Paleka) yang memberikan selalu motivasi para generasinya dan harapan-harapan unutuk BDS kedepannya. Kemudian dilanjut ceremonial potong tumpeng dan tiup lilin oleh Prӓsiden BDS bersama perwakilan DPO, tidak lupa diabadikan sesi foto-foto oleh sie PDD dan penempelan sticky-notes berisi harapan untuk BDS di papan yang sudah disediakan. 

Setelah kakak-kakak DPO mohon undur diri, acara dilanjutkan menghabiskan nasi tumpeng bersama-sama dengan cara unik: disebarakan di atas daun pisang, diletakkan di tengah-tengah lingkaran para anggota, dan saling suap menyuap untuk teman yang ada di kanan-kirinya (kebayang romantis ada geli-gelinya kan?). Puas mengisi perut, dilanjut mengisi amplop bernomor 1 sampai 28  sesuai jumlah pengurus BDS dengan kertas disediakan berupa saran dan kritik tanpa nama ( Flirt party).

Pukul 21.00, mulai duduk melingkar untuk sesi menegangkan: tukar kado berbungkus koran. Aturannya menyanyi bersama sembari memejamkan mata, isi kado memang tak seberapa, karena dibatasi harga sekitar 5000 rupiah, namun tetap berkesan dan bermanfaat. Ada yang mendapat gelas, sabun mandi, sikat gigi, sisir, batu baterai, bahkan karbol lemari. Gelak tawa otomatis tersaji disana, beberapa orang juga diberi kesempatan untuk membacakan surat yang ada dalam kado.

Acara diakhiri dengan do’a bersama pukul 21.30, dan dilanjutkan evaluasi dari seluruh panitia HUT BDS hingga sekitar pukul 22.00. Untuk seluruh warga BDS UNY, nantikan perayaaan HUT BDS minggu depan dengan serangkaian perlombaan yang akan segera diumumkan, mohon partisipasinya ya. Wir sind Familie! Wir sind am besten!

1 komentar:

  1. Sukses terus untuk BDS FBS UNY. Keep up and stay sharp yaa?!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.