"Semangat Merangkul Sesama dalam Bingkai Persaudaraan"

Sozialdienst BDS 2014



Sozialdienst atau yang kerap disebut dengan bakti sosial merupakan agenda tahunan Bund der Deutsch Studenten. Bakti sosial kali ini diadakan di sebuah panti asuhan bernama “ Darul Ilmi “ yang terletak di Jalan Magelang, Km.11 tepatnya di Desa Murten, Tridadi Sleman Yogyakarta. Tema yang diangkat ialah “Semangat Merangkul Sesama Dalam Bingkai Persaudaraan”. Tujuan diadakannya bakti sosial ini adalah untuk berbagi dengan sesama, menjalin silaturahmi dan tali persaudaraan sekaligus berlatih untuk bersosialisiasi dengan masyarakat secara langsung.

Pada awalnya acara ini sempat diundur karena karena suatu hal. Tetapi akhirnya dapat dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Oktober 2014. Pukul 16.30 WIB acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh kedua MC dari panitia BDS, yaitu Ema Safitri dan Neny Octaviani. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Panitia oleh Pulung Agtia Rachmadela, Präsident BDS oleh Agus Setiawan dan juga Ibu Dewi selaku pengurus Panti Darul Ilmi. Setelah itu ada penyerahan sumbangan secara simbolis oleh ketua panitia kepada Ibu Dewi.

Selain memberikan sumbangan, ada juga pemberian materi tentang Bahasa Jerman oleh Muhdatiya dan juga game kecil oleh Tiara Evada. Materi yang diberikan antara lain perkenalan dengan menggunakan Bahasa Jerman dan Begruβung (ucapan untuk menyapa seperti Hallo, Guten Morgen dll). Tidak disangka, sebagian teman-teman dari Darul Ilmi sudah bisa mengucapkan beberapa kata Bahasa Jerman seperti Ich liebe dich, wie bitte, danke dan lain sebagainya. Mereka juga aktif saat diminta maju untuk mencoba memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman. Selanjutnya panitia membagikan kertas berwarna-warni untuk ditulisi ungkapan perkenalan bahasa Jerman kemudian ditempel pada kertas besar dan dipasang pada mading panti.

Saat mendengar adzan maghrib, semua panitia dan juga teman-teman Darul Ilmi bergegas menuju mushola untuk menunaikan ibadah sholat maghrib. Setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama. Selain menikmati menu makanan, teman-teman juga dihibur oleh penampilan dari Käse yang diprakarsai oleh Imam Ibnu Mas’ud, Denny Akbar Rusnawan, Bramantio Widiawan dan juga Tiara Evanda. Ada juga salah satu teman dari Darul Ilmi yang tak mau kalah eksis dengan penampilan Käse. Dia maju ke depan untuk menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan sebuah lagu. Adapun lagu yang dibawakan oleh Käse antara lain Sepatu, Jangan Menyerah, Laskar Pelangi, Jingle BDS dll. Semua ikut bernyanyi dalam suasana kebersamaan. Tak terasa adzan isya telah dikumandangkan, namun teman-teman Darul Ilmi masih bersemangat dan ingin berlama-lama menikmati penampilan dari Käse. Tapi apa daya, teman-teman juga perlu belajar dan juga istirahat untuk ke sekolah keesokan harinya. 

Pukul 19.00 WIB acara ditutup oleh MC dan ungkapan kesan pesan dari salah satu anak asuh. "Acara yang diberikan sangat menarik, seru dan asyik, dan kami harap kami bisa terus belajar Bahasa Jerman bersama kakak-kakak BDS." ungkap Eva. Setelah acara resmi ditutup, teman-teman Darul Ilmi bergegas ke mushola untuk sholat sedangkan panitia membersihkan sampah-sampah yang ada di ruangan sekaligus berpamitan kepada Bu Dewi selaku pengurus panti yang memberikan ijin sebelumnya.

 Foto bersama BDS dan teman-teman panti asuhan


 Kaese saat tampil


 Penyerahan sumbangan oleh ketua panitia


 Belajar bahasa Jerman bersama


 Perkenalan dalam Bahasa Jerman




 Karya kita ^_^



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.