UNY Ikuti Kongres IMBSJI ke-VIII di UI

Wajah Baru IMBSJI 2014

25 Agustus 2014 mendadak Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia dipenuhi beberapa mahasiswa dengan berbagai macam warna almamater. Ya, hari itu menjadi awal dari rangkaian kegiatan Kongres Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Seluruh Indonesia (IMBSJI) ke VIII tahun ini.

Kongres tahunan IMBSJI yang diadakan di kampus UI Depok kali ini diikuti sembilan universitas dari seluruh Indonesia yaitu UNJ, UI, UPI, UNPAD, STBA Bandung, UNY, UNESA, UM dan UNPATTI Ambon. Beberapa universitas yang absen antara lain Universitas Negeri Medan dan Universitas HKBP Nomensen. Para delegasi dari setiap universitas berkumpul dengan agenda pemilihan ketua, pengurus dan program kerja. Terpilih sebagai ketua adalah Fildzah Nandya dari UNESA. Periodesasi pengurus yang tadinya dua tahun kini diubah menjadi satu tahun. Diharapkan dengan waktu yang lebih singkat, program yang direncakan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Terpilih pula beberapa nama koordinator untuk empat wilayah, dimana satu wilayah terdiri dari beberapa universitas atau disebut korcap.

Selain berkongres, para delegasi juga mengikuti seminar "Deutschland, das Land der Studierende" oleh DAAD serta workshop penerjemahan yang diisi oleh dosen-dosen Universitas Indonesia. Pada sesi pertama workshop, dibahas teks yang sebelumnya telah diterjemahkan oleh para delegasi kemudian dilanjutkan dengan menterjemahkan teks baru dari pembicara. "Acaranya sangat menyenangkan karena bisa bertemu sahabat-sahabat mahasiswa dari seluruh Indonesia, panitianya ramah, dosen pembicara juga asik, menambah pengetahuan dan pengalaman baru." ungkap Fitria Puji, salahsatu delegasi dari UNY.


Pada hari terakhir, para delegasi diajak berkeliling kota Jakarta. Dimulai dari Museum Gajah, Kota Tua dan Museum Nasionas (Monas).(saf)










Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.