Workshop TABS dan TAS

SEMANGAT NULIS!!

Pasca lebaran jurusan Pend. Bahasa Jerman kembali melaksanakan workshop TABS dan TAS. Workshop ini berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2014 dan menjadi agenda tahunan beberapa tahun terakhir. Diakui oleh ketua jurusan Pend. Bahasa Jerman Frau Lia Malia, M.Pd, sejak diadakannya acara ini semangat mahasiswa untuk menulis TABS ataupun TAS semakin meningkat. Sehingga setiap tahunnya jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu juga meningkat. Hal ini sesuai tujuan utama penyelenggaraan workshop TABS dan TAS yang diikuti oleh mahasiswa semester enam ini.

Menjadi pembicara kali ini ada tiga orang narasumber dari tiga bidang yaitu bidang Pengajaran, Literatur dan Linguistik. Dari bidang Pengajaran diwakili oleh Frau Retno Endah SM, M.Pd, literatur oleh Frau Isti Haryati, M.A serta linguistik oleh Frau Sri Megawati, M.A. (esaf)



Acara inti yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dimulai dengan pemaparan syarat penyusunan TABS/TAS oleh Herr Ahmad Marzuki yang sekaligus menjadi moderator. Syarat tersebut diantaranya yaitu mahasiswa minimal telah menempuh 110 sks, ip minimal 2,00, nilai D minimal pada 14 sks dan lain sebagainya. Setelah itu dijelaskan dari masing-masing bidang narasumber mengenai penyusunan serta tips-tips jitu menyusun TABS/TAS. Antara lain dijelaskan mengenai pemilihan tema-tema yang cocok untu penelitian serta teori dan metode yang digunakan. Kesemuanya dijabarkan dengan sangat jelas sehingga peserta mengikuti dengan antusias tinggi. Hal ini terbukti ketika moderator membuka sesi tanya jawab, maka tidak sedikit mahasiswa yang bertanya.
Workshop ini kemudian ditutup dengan kiat-kiat penyusunan TABS/TAS secara cepat dan tepat oleh salahsatu mahasiswa berprestasi Hashfi Kurniawan yang baru saja lulus cumlaude dan tepat waktu. Saudara Hashfi berpesan bahwa penyusunan skripsi itu tidak lepas dari dukungan orang tua terutama, orang lain serta kemauan dari diri kita sendiri untuk bekerja keras untuk menyelesaikannya serta doa tentunya. Jika orang Indonesia biasanya berfikir masih ada beberapa hari untuk mngerjakannya, orang luar negri berfikir sudah berapa bulan saya tidak menghasilkan apa-apa. Jadi kebiasaan yang baik untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin perlu dijadikan tauladan yang baik untuk mencapai kesuksesan.
Seusai istirahat siang, workshop dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan proposal TABS/TAS sesuai bidang yang dipilih oleh masing-masing mahasiswa. (esaf)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.